Gayus Diperiksa di Rutan

Berbeda dengan sebelumnya, Gayus Tambunan menjalani pemeriksaan dalam kasus pemalsuan paspor di dalam rutan Cipinang. Hal ini rupanya sengaja dilakukan untuk menghindari kegaduhan sebelum maupun setelah pemeriksaan.

Gayus diperiksa oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri di ruangan khusus di Cipinang. Selama hampir 8 jam, mantan pegawai pajak tersebut dicecar 40 pertanyaan.

Pemilihan rutan sebagai lokasi pemeriksaan tidak dipermasalah Karutan Cipinang Edi Kurniadi. Menurut dia, itu hak penyidik.

"Mungkin menurut penyidik lebih aman, daripada diuber-uber terus," kata Karutan Cipinang Edi Kurniadi kepada detikcom, Kamis (20/1/2011).

Menurut Edi, penyidik Mabes Polri sudah mengajukan surat sebelum melakukan pemeriksaan terhadap Gayus di rutan. Tidak ada pertimbangan khusus dalam surat tersebut yang menyebutkan alasan pemindahan lokasi pemeriksaan.

Namun, dari pembicaraan dengan penyidik, pemeriksaan di rutan kemungkinan lebih kondusif. Sebab, suasananya lebih tenang dan tidak harus terjebak kemacetan di perjalanan.

"Pertimbangannya juga macet. Dan namanya pemeriksaan sebenarnya boleh di mana saja. Boleh dibawa atau tidak, nggak ada keharusan," tegasnya.

Edi menyangkal jika pemeriksaan kali ini dilakukan karena Gayus sakit atau kelelahan setelah vonis sehari sebelumnya. "Masih sehat kok, nggak ada itu," tutupnya.

Hal senada juga sempat ditegaskan oleh pengacara Gayus, Hotma Sitompoel. Lokasi pemeriksaan dipilih di rutan karena faktor efisiensi waktu.

Seperti diketahui, menjelang sidang vonis kasus mafia pajak Rabu (19/1), sempat terjadi kericuhan kecil di PN Jaksel. Saat itu, Gayus terhalang masuk ke pengadilan karena dihadang puluhan jurnalis yang memberondongnya dengan berbagai pertanyaan. Hal yang sama juga terjadi ketika Gayus menjalani pemeriksaan di Mabes Polri.

(mad/adi)

0 komentar:

Posting Komentar

Please be a member and put your comments here.