Pahala Raja Yang Ditangguhkan

aman dahulu kala, ada seorang raja yang amat zalim. Hampir semua orang pernah merasakan kezalimannya itu. Hingga pada suatu ketika, raja yang zalim ini ditimpa penyakit yang sangat berat. Maka seluruh tabib yang ada dikumpulkan supaya menyembuhkannya. Namun, tidak seorang tabib pun mampu menyembuhkannya. Akhirnya, ada seorang rahib yang mengatakan penyakit raja itu hanya dapat disembuhkan dengan memakan sejenis ikan yang hanya ada pada musim tertentu saja. Malangnya, pada saat itu bukanlah musim ikan itu diperoleh.
Betapa gembiranya sang raja mendengar kabar itu. Meskipun ia menyadari bahwa saat itu bukanlah musim ikan yang dicari, ia tetap memerintahkan semua orang untuk mencarinya. Dan ternyata ikan itu berhasil didapat. Raja pun sembuh.

Pada masa yang lain, ada seorang raja yang amat terkenal dengan keadilan dan kebijaksanaannya. Dia sangat dicintai oleh rakyatnya. Pada suatu ketika, raja itu juga jatuh sakit. Dan ternyata obat penyakitnya sama dengan obat raja yang zalim. Rakyat sangat ingin raja itu segera sembuh. Tapi tak seorangpun yang menemukan ikan itu. Akhirnya sang raja pun meninggal.

Para malaikat yang menyaksikan kehidupan kedua raja itu pun heran mengapa raja yang zalim bisa mendapatkan obat, sementara raja yang baik gagal mendapatkannya.
Akhirnya para malaikat pun menghadap Tuhan dan bertanya, "Ya Tuhan kami, apakah sebabnya raja yang zalim itu selamat sedangkan raja yang adil meninggal?"

"Wahai para malaikatKu, sesungguhnya raja yang zalim pernah berbuat suatu kebaikan, karena itu Aku balas kebaikannya. Sehingga pada waktu dia datang menghadapKu, tidak ada lagi kebaikan yang dibawanya. Dan akan Aku tempatkan ia di neraka yang paling dalam.
Sedangkan raja yang adil itu pernah berbuat salah kepadaKu. Maka Aku hukum ia sehingga nanti ia akan datang menghadapku dengan seluruh kebaikannya tanpa ada sedikit pun dosa padanya, karena hukumannya telah kutunaikan di dunia."

0 komentar:

Posting Komentar

Please be a member and put your comments here.